E-Banking & Estonia (Kls:3EA09&4EA06)

Nama             : RIBKA LIANA PHILIPPUS MALAU

NPM                : 18207023

Blog               : ribkamalau.wordpress.com

 

 

PERTANYAAN:

Menurut pendapat saudara berdasarkan jurnal yang telah dibaca, maka bagaimana Implementasi dan perkembangan E-Banking ? Jawaban haruslah merupakan ringkasan atau ulasan dari bahan jurnal yang telah diberikan (E-Banking and Estonia). Jawaban akan lebih lengkap bila diletakkan secara detil di Blog (dengan mencamtukan alamatnya).

JAWAB:

Menurut pendapat saya, perkembangan E-Banking saat ini sudah cukup meningkat karena memang saat ini konsumen (nasabah) sudah lebih menginginkan kepraktisan dalam hal apapun, karena E-banking menawarkan kemudahan-kemudahan yang dibutuhkan nasabah.

Teknologi informasi baru menjadi faktor penting dalam pembangunan masa depan industri jasa keuangan, dan khususnya industri perbankan. Bank dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan penting, untuk contoh bagaimana memanfaatkan peluang teknologi baru, bagaimana e-perkembangan mengubah cara pelanggan berinteraksi dengan penyedia jasa keuangan, dll Dalam penulis makalah analisis kriteria utama untuk sukses internet strategi bank dan membawa keluar keuntungan dari e-banking dari sudut pandang bank, klien mereka dan ekonomi secara umum. Teknologi informasi baru (TI) merupakan faktor paling penting dalam pembangunan masa depan perbankan, mempengaruhi bank pemasaran dan strategi bisnis. Kekuatan dibelakang transformasi cepat bank perubahan berpengaruh dalam lingkungan ekonomi: inovasi di bidang teknologi informasi, inovasi pada produk keuangan, liberalisasi dan konsolidasi pasar keuangan, deregulasi dll antar-mediasi keuangan ini dan faktor lainnya membuatnya rumit untuk merancang strategi bank, proses yang terancam oleh perkembangan tak terduga dan perubahan dalam lingkungan ekonomi dan karena itu, strategi harus fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan.

Definisi e-banking bervariasi antara penelitian sebagian karena perbankan elektronik mengacu pada beberapa jenis layanan di mana nasabah bank dapat meminta informasi dan melaksanakan sebagian besar layanan perbankan ritel melalui komputer, televisi atau telepon selular. Elektronik perbankan juga dapat didefinisikan sebagai berbagai platform berikut: (a) Internet Banking (atau online banking), (b) perbankan telepon, (c) perbankan berbasis TV, (d) mobile phone banking, dan (e) PC perbankan (atau offline perbankan). Sebagai online internet banking dan mobile phone banking merupakan daerah berkembang cepat, di dalam makalah ini fokus terutama pada pengembangan dan masa depan platform tersebut. Dalam hal ini yang dipandang cukup berhasil dalam mengembangkan E-banking adalah Estonia.Estonia telah mencapai  keberhasilan signifikan dalam pelaksanaan perbankan elektronik, melainkan di atas pasar-pasar baru di daerah ini dan bahkan outpaces prestasi dari beberapa negara maju. kemajuan ini tidak kebetulan, ia memiliki alasan eksternal dan juga subjektif.

Layanan perbankan internet di Estonia pertama diperkenalkan pada tahun 1996. Estonia pada umumnya sangat cocok untuk aplikasi perbankan elektronik karena penetrasi yang relatif tinggi komputer pribadi dan akses internet. Persentase penggunaan internet adalah 43% dari penduduk usia 15-74 Estonia di Q4 2002. Dapat disimpulkan bahwa masih ada potensi pertumbuhan meyakinkan orang untuk menggunakan saluran elektronik untuk kegiatan perbankan yang lebih intensif.

Manfaat dari perkembangan elektronik tersebut antara lain:

1. Keuntungan dari sudut pandang bank, Manfaat pertama bagi bank menawarkan layanan Internet banking lebih baik branding dan respon yang lebih baik untuk pasar. Bank-bank yang akan menawarkan layanan seperti itu akan dianggap sebagai pemimpin dalam penerapan teknologi. Oleh karena itu, mereka akan menikmati citra merek yang lebih baik. Manfaat lainnya adalah mungkin untuk mengukur dalam istilah moneter. Tujuan utama dari setiap perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan pemilik dan bank tidak ada kecualinya. Otomatis layanan e-banking menawarkan kesempatan yang sempurna untuk memaksimalkan keuntungan.

2. Manfaat dari sudut pandang pelanggan, Manfaat utama dari titik nasabah bank ‘pandang adalah tabungan yang cukup lama oleh otomatisasi pengolahan layanan perbankan dan pengenalan dari alat-alat perawatan yang mudah untuk mengelola uang pelanggan. Keuntungan utama dari e-banking untuk nasabah korporasi adalah sebagai berikut (BankAway 2001!; Gurău, 2002):
• Mengurangi biaya dalam mengakses dan menggunakan layanan perbankan.
• Meningkatkan kenyamanan dan hemat waktu – transaksi dapat dilakukan 24 jam sehari, tanpa membutuhkan interaksi fisik dengan bank.
• Cepat dan akses berkelanjutan ke informasi. Perusahaan akan memiliki akses lebih mudah ke informasi seperti, mereka dapat memeriksa di beberapa account klik tombol.
• manajemen kas yang lebih baik. E-sarana perbankan mempercepat siklus kas dan meningkatkan efisiensi proses bisnis sebagai berbagai macam instrumen manajemen kas yang tersedia di situs internet bank Estonia. Sebagai contoh, adalah mungkin untuk mengelola kas perusahaan jangka pendek melalui bank internet di Estonia (investasi di lebih-malam, pendek dan deposito jangka panjang, dalam surat berharga, dalam obligasi dan ekuitas, dana pasar uang).  Sedangkan manfaat utama E-banking bagi pelanggan swasta adalah sebagai berikut:

• Mengurangi biaya. Ini adalah dalam hal biaya availing dan menggunakan berbagai produk dan jasa perbankan.
• Kenyamanan. Semua transaksi perbankan dapat dilakukan dari kenyamanan rumah atau kantor atau dari tempat pelanggan ingin.
• Kecepatan. Tanggapan medium sangat cepat, sehingga pelanggan benar-benar bisa menunggu sampai menit terakhir sebelum menyimpulkan transfer dana.
• Dana manajemen. Pelanggan dapat men-download sejarah mereka dari account yang berbeda dan melakukan “apa-jika” analisis pada PC mereka sendiri sebelum mempengaruhi setiap transaksi di web. Ini akan mengarah pada pengelolaan dana yang lebih baik.

Perhitungan sederhana menunjukkan bahwa melakukan pembayaran melalui  e-banking fasilitas (misalnya menggunakan internet bank) daripada di kantor-kantor bank ekonomi secara keseluruhan menghasilkan penghematan sebesar 0,93% dari PDB (Rata-rata jarak ke kantor bank terdekat adalah 4,14 km (Aarma dan Vensel, 2001), yang berlangsung sekitar 0,21 jam untuk perjalanan.

Untuk itu maka perkembangan E-banking harus melihat dari beberapa aspek, yaitu antara lain aspek lingkunga. Komponen masyarakat sangat penting untuk pengenalan cepat e-banking. Di Estonia undang-undang sangat mendukung inovasi teknologi. Selain itu faktor kedua adalah tingkat yang relatif rendah untuk biaya koneksi internet. Dan perspektif E-banking di Estonia memberikan gambaran yang diperkirakan bahwa jumlah pengguna internet di Estania akan meningkat hingga 50% dibandingkan dengan arus 43%. Jumlah cabang fisik akan berkurang (profil dari cabang fisik akan berubah menjadi nasihat dan pusat-pusat dukungan) dan sebagian besar transaksi akan disimpulkan melalui saluran e-banking utama: Internet bank secara online dan layanan m-banking.

Namun layanan m-banking seperti WAP, memiliki beberapa keterbatasan teknis yang mencegah penyebaran yang luas:

• antarmuka ponsel sangat tidak nyaman dan userfriendly (layar kecil, sulit untuk menangani panjang
teks);
• sangat sulit untuk memasukkan data melalui ponsel (telepon seluler semakin kecil dalam ukuran, dan ukuran tombol menurun juga);
• keterbatasan pada transfer data seperti kecepatan lambat (bahkan sistem GPRS memungkinkan koneksi dengan kecepatan yang sebanding dengan modem kecepatan transfer data), dan koneksi mahal;
keterbatasan

 • keamanan (scripting kurang aman dari script bank internet, mungkin menyalin SIM card).

Maka disimpulkan bahwa Estonia telah mencapai keberhasilan signifikan dalam pelaksanaan perbankan elektronik, melainkan di atas pasar-pasar baru di daerah ini dan bahkan outpaces prestasi dari beberapa negara maju. kemajuan ini tidak kebetulan, melainkan memiliki alasan eksternal dan juga subjektif. Saat ini, strategi bank Estonia cenderung mendahului bank sukses di negara-negara maju di bidang internet banking.

Tinggalkan komentar